Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan Program Studi Profesi Dokter Di Rumah Sakit Pendidikan, Fakultas Kedokteran Uhamka Memberikan Pelatihan Dokter Pembimbing Klinik

Workshop Clinical Instructure

Program Studi (Prodi) Profesi Dokter adalah salah satu program studi di Fakultas Kedokteran Uhamka, yang merupakan pendidikan lanjutan bagi mahasiswa pendidikan sarjana kedokteran (S. Ked). Prodi profesi dokter uhamka telah menjalin kerja sama dengan beberapa rumah sakit pendidikan sebagai wahana pendidikan untuk para dokter muda.

Beberapa rumah sakit yang menjalin kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Uhamka diantaranya adalah RS. Islam Jakarta Pondok Kopi sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama, Rumah Sakit Pendidikan Satelit yaitu: RS. Islam Jakarta Cempaka Putih, RS. Islam Jakarta Sukapura, RS. Bhayangkara TK.I Pusdokkes Polri dan Rumah Sakit Afiliasi RS. Jiwa Islam Klender serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

Saat ini fakultas kedokteran uhamka sudah mengirimkan 28 mahasiswa untuk menempuh pendidikan di rumah sakit utama RS. Islam Jakarta Pondok Kopi sebagai dokter muda yang tersebar distase mayor dan stase minor. Dalam rangka meningkatkan proses pendidikan program studi profesi dokter di rumah sakit pendidikan, fakultas kedokteran uhamka memfasilitasi para dokter pembimbing klinik dalam pelatihan “Pelatihan Pembimbing Klinik” acara ini diadakan selama dua hari pada tanggal 10 dan 11 september 2022 di Leisure Inn Arion Hotel – Jakarta.(10/9)

Dalam pelatihan ini FK Uhamka mengundang narasumber yang expert dibidangnya mengenai “How to be a good clinical instructure?” yaitu, dr. Rachmad Sarwo Bekti, M. MedEd, PhD dan dr. Tri Wahju Astuti, M. Kes, Sp. P(K) dari kedokteran Universitas Brawijaya. Para peserta pada pelatihan ini ialah para dokter pembimbing klinik dari Rs. Islam Jakarta Pondok Kopi, Rs. Jiwa Islam Klender dan Rs. Bhayangkara Tk.I Pusdokkes Polri, disela-sela kesibukannya sebagai dokter spesialis dirumah sakit para dokter pembimbing klinik sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini.

Dr. dr. Wawang S. Sukarya, Sp.OG(K), MARS, MH.Kes selaku dekan FK Uhamka berharap banyak dalam pelaksanaan pelatihan ini terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan diprodi profesi dokter agar menciptakan dokter muda yang unggul dalam bidangnya.

“Saya berharap semoga dengan adanya pelatihan clinical instructure ini teman-teman para dokter pembimbing klinik dirumah sakit dapat lebih meningkatkan metode serta cara kita dalam membimbing dan memberi arahan pada dokter muda yang sedang menempuh pendidikan profesi, mari kita jadikan para dokter muda agar lebih terampil dalam clinical skill agar setelah lulus nanti bisa menjadi dokter yang unggul”. Ujar dekan FK uhamka dalam sambutannya.

Pelatihan ini dilakukan selama dua hari dengan materi yang diberikan dari para narasumber mengenai tugas sebagai pembimbing klinik, narasumber juga berharap yang sama seperti dekan FK Uhamka bahwa agar para dokter pembimbing klinik dapat meningkatkan kualitas dalam proses pendidikan untuk menjadi generasi dokter yang unggul.

“ini adalah pelatihan untuk pemenuhan kompetensi bagi pendidik klinik dalam hal pendidikan ke peserta didik di profesi dokter, ini menjadi sesuatu yang baik harus dilanjutkan dan dijadwalkan secara teratur kemudian dievaluasi hasilnya dalam implementasi kita dalam proses pembelajaran di wahana pendidikan, harapan kedepannya mudah-mudahan semua pembimbing klinik bisa mengikuti pelatihan ini walaupun hari ini sudah banyak yang hadir, target kedepannya adalah semua pembimbing klinik bisa mendapatkan pelatihan seperti ini lagi”. Dalam wawancara peserta yaitu, dr. Khomimah, Sp. PD., KEMD., FINASIM yang juga sebagai Ketua Komkordik Rumah Sakit Pendidikan Utama, Fakultas Kedokteran UHAMKA.

 

Leave a Reply

pkv games slot pulsa https://donovancreative.com/ rajasloto
id_ID