Selamat, FK Uhamka Kini Terakreditasi B

FK Uhamka mendapatkan berita gembira dengan di keluarkannya surat resmi dari LamPT Kes tertanggal 20 November 2020 yang mengabarkan bahwa peringkat akreditasi program studi sarjana kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka telah naik statusnya menjadi terakreditas B (Baik). Hasil ini tentu saja menjadi hal yang sangat  di syukuri oleh seluruh seluruh civitas akademika FK Uhamka.

Proses akreditasi ini berjalan secara daring, selama 2 hari  pada tanggal 4-5 November 2020 lalu dengan penilaian dari 3 assesor yang berasal dari berbagai institusi Fakultas Kedokteran di Indonesia , yakni :

  1. dr.Ahmad Rizal,SpS (K),PhD  dari FK Universitas Padjadjaran, Bandung
  2. dr.Agussalim Bukhari, SpGK  (K), M.Med,PhD dari Universitas Hasanuddin, Makassar
  3. Dr.dr.Abdullah, SpPD-KGH,FINASIM  dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor Uhamka , Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M. Hum serta dihadiri oleh Wakil Rektor 1 sampai Wakil Rektor 4, kepala biro dan para dekan di lingkungan di Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka.

Diawali dengan presentasi oleh dekan FK  Uhamka, DR dr Wawang S Sukarya SpOG(K), MARS,MHKes dan  presentasi dari Kepala Program Studi (Kaprodi) FK Uhamka, dr Endin Nokik Stujanna,PhD , kegiatan akreditasi kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab kepada seluruh komponen Fakultas dan Prodi mulai dari dekanat,Prodi,  tim gugus/unit  mutu, tim  MEU (Medical Education Unit), para dosen, staf tenaga kependidikan/tendik, laboran dan bahkan kepada mahasiswa. Proses akreditasi juga di lengkapi dengan pengecekan borang dan dokumen kepada tim Task Force yang bertanggung jawab terhadap kelengkapan berkas-berkas dalam kegiatan ini.

Alhamdulilah ,penilaian dari para assesor dalam kegiatan akreditasi tersebut sudah di terima dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan dan mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Nilai ini akan berlaku selama 1 tahun dan sebelum waktunya berakhir, maka akan dinilai kembali melalui proses akreditasi secara luring. Hal ini terjadi akibat pandemi Covid yang belum berakhir, sehingga kegiatan akreditas pada Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia melalui proses yang sama.

Namun sesungguhnya, hasil tersebut sungguh membanggakan !! FK Uhamka yang baru berusa 2 tahun sudah berhasil meraih akreditasi B.

Menurut paparan dari dekan FK Uhamka, dr Wawang, hal ini terjadi karena seluruh SDM nya bekerja sama secara kompak dan solid untuk mengimplementasikan standar pendidikan yang sudah ditetapkan secara nasional. FK UHAMKA juga secara konsisten semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam misi FK yang mengacu kepada visi misi Universitas yaitu melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang ditetapkan dalam renstra, ditambah misi melakukan kerjasama dalam dan luar negeri, penggemblengan kepemimpinan dan kemampuan manajerial dan integrasi Al Islam ke-Muhammadiyahan kedalam kurikulum pendidikan dokter.  Hal ini untuk mencapai cita-cita menghasilkan dokter yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tapi juga spiritual, emosional dan sosial.

Didukung oleh para dosen yang ahli dalam biomedik (kedokteran dasar) dan dokter-dokter spesialis, maka keinginan FK UHAMKA untuk menjalankan dan menerapkan proses pendidikan yang berkualitas, tahap demi tahap dapat di lakukan.  Lebih lanjut, dr Wawang memaparkan dalam keterangannya bahwa kami  bersyukur karena hasil kerja keras semua civitas akademika di FK Uhamka saat ini telah diakui dengan mendapat akreditasi B (Baik) dalam waktu hanya sekitar 2 tahun. Namun demikian, kami tidak akan puas terhadap hal ini, untuk itu  kami harus lebih bekerja lebih keras lagi untuk mencapai akreditasi unggul di kemudian hari, sesuai target kami”

 

Leave a Reply

id_ID