[:en]


Beberapa dosen di Fakultas Kedokteran Uhamka telah selesai mengikuti kegiatan Baitul Arqam yang di selenggarakan oleh  Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK) Uhamka . Acara ini berlangsung sejak tanggal 15-17 Januari 2021 secara daring.

Baitul Arqam merupakan kegiatan rutin yang wajib di ikuti oleh seluruh elemen yang ada di kampus Uhamka. Mulai dari mahasiswa, karyawan, dosen, bahkan sampai pimpinan fakultas dan universitas wajib mengikuti acara ini.Baitul Arqam adalah suatu bentuk pembinaan di Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi keislaman dan kepemimpinan. Adapun  tujuan  dari kegiatan ini adalah agar dapat mencetak kader Muhammadiyah dan meningkatkan pemahaman keislaman, menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir di kalangan anggota persyarikatan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah.

Untuk Uhamka sendiri, pelaksanaan  Baitul Arqam  adalah bagian dari memperkuat Uhamka sebagai kampus Islami yang memadukan keislaman, keilmuan dan keindonesiaan. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Bunyamin, Wakil Rektor IV Uhamka. Beliau selama ini aktif menggawangi berbagai aktivitas dalam bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan di Uhamka. Dr. Bunyamin juga menjelaskan bahwa Uhamka merupakan kampus yang inklusif terbuka untuk semua kalangan.

Sehubungan masih berlangsungnya pandemi Covid, maka seluruh kegiatan Baitul Arqam ini dijalankan secara online, namun diharapkan hal ini tidak mengurangi makna dan tujuan dari pelaksanaan Baitul Arqam itu sendiri. Oleh karena itu, bila salah satu peserta tidak mengikuti 1 sesi , akan dinyatakan gugur dan dapat mengikuti Baitul Arqam pada gelombang berikutnya.

Berita baik nya adalah  bahwa peserta terbaik  Baitul Arqam kali ini disematkan kepada salah satu dosen dari Fakultas Kedokteran (FK)  yakni dr Siti Mona Amelia, M.Biomed. Beliau terpilih mewakili FK dari semua peserta dosen  yang berasal dari seluruh  fakultas yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka.

dan tentu saja ucapan tahniah patut diberikan  kepada semua dosen FK  yang telah lulus mengikuti Baitul Arqam periode ini. Selamat ya dok  !..:-)[:]

Leave a Reply

en_US