Guest Lecture: Scientific Presentation – Prof. Thomas Mayers

Hari Jumat pekan ini , tanggal 23 Oktober 2020 , seluruh civitas akademika FK Uhamka mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kuliah tamu tentang Scientific Presentation yang dibawakan oleh Proffesor Thomas Mayers dari Universitas Tsukuba , Jepang.  Kuliah ini dilaksanakan secara daring melalui platform zoom mulai jam 13.20 waktu Jakarta.

Acara ini berlangsung selama hampir 100 menit , di awali dengan presentasi oleh beliau tentang bagaimana membawakan sebuah presentasi di sebuah forum ilmiah. Bagi profesi dokter dan profesi lainnya memberikan presentasi adalah bagian penting dari pekerjaan sehari-hari. Kemampuan untuk melakukannya secara efektif dapat berkontribusi pada kesuksesan karier. Prof Thomas Mayer dalam paparannya memberikan 2 kunci utama dalam presentasi  yakni konten/isi yang disajikan dalam slide/ppt dan bagaimana cara kita menyajikannya, agar presentasi kita menjadi menarik dan audiensi lebih memperhatikan. Selain itu penting juga untuk memperhatikan siapa audiens kita,sehingga pesan yang akan disampaikan dapat diterima. Setelah itu Prof Thomas juga memberikan tips dan trick dalam Q&A session.. tentang bagaimana caranya menjawab dengan tepat dalam sesi diskusi setelah presentasi.

Kuliah tamu  ini mendapatkan respon positif terutama dari kalangan mahasiswa, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada  narasumber. Sebagian mahasiswa  mempertanyakan bagaimana tips dan trick mengatasi nervous/gugup dan tetap percaya diri ketika presentasi berlangsung. Sebagian lain bertanya bagaimana cara menjawab dengan benar bila pertanyaan yang diajukan tidak sesuai dengan topik presentasi yang disajikan.

 

  • Dear Prof, thank you for your presentation. I’m really interested in this topic. If i may, i have a question to ask.
    If during a presentation there’s an audience that ask a question that we don’t know the answer. How to answer it in a wise way?

 

  • When we have to present a scientific presentation in front of scientist or lecturer sometimes it’s hard to gain confidence,
    is there any tips and tricks to gain those confidence?

 

  • If the audience ask something in Q&A  section, but the question is out of the persentation topic, should we answer it?

 

  • How to keep our discussion from getting out of topic during the presentation ?

 

Pertanyaan-pertanyaan diatas dijawab oleh Prof Thomas dengan baik sehingga sesi diskusi pada kuliah tamu ini berlangsung  menarik dan dapat diaplikasikan secara langsung. Untuk itu kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya  oleh para peserta,terutama para mahasiswa. Sehingga diharapkan kegiatan serupa dapat di lakukan di masa mendatang dengan topik yang berbeda.

 

 

Leave a Reply

id_ID