International Webinar (Review of Covid-19)

Berdasarkan laporan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Indonesia, per tanggal 10 Juni 2020 terdapat penambahank kasus baru sebanyak1.241 sehingga totalnya menjadi 34.316 orang. Kemudian untuk pasien sembuh menjadi 12.129 setelah ada penambahan sebanyak 715 orang. Selanjutnya untuk kasus meninggal bertambah 36 orang sehingga totalnya menjadi 1.959.

Sedangkan Badan Kesehatan Dunia atau WHO melaporkan sebanyak 216 negara yang terdampak penyakit ini , dengan jumlah kasus 7.145.539 dan jumlah kematian sebanyak 408.025 orang di seluruh dunia.

 

Hal ini menunjukkan bahwa pandemi ini masih menjadi ancaman serius, baik di tingkat nasional maupun pada tingkat global. Oleh karenanya perlu dilakukan pencegahan yang terus menerus dan meningkatkan kesadaraan akan pentingnya mengenal bahaya penyakit ini melalu berbagai upaya, salah satunya melalui edukasi dan penyebaran informasi yang benar mengenai pandemi ini,

Untuk itu FK Uhamka turut berpartipasi aktif dengan mengadakan berbagai kegiatan edukasi baik kepada masayarakat awam maupun kepada kalangan akademisi. Salah satunya adalah dengan mengadakan internasional webinar dengan menghadirkan narasumber dari luar yang sangat kompeten di bidangnya, yakni :

  1. Prof. Takashi Yashiro, MD, PhD dari Jichi Medical University, Jepang
  2. Prof. Dr Dato’ Ariff bin Osman dari International Islamic University, Malaysia
  3. Prof. Kazutaka Aonuma, MD,PhD dari University of Tsukuba, Jepang
  4. Lailana Purvis,MD,MSc,OHS dari Groningen, Belanda

Acara ini akan dipandu oleh Prof Hamed Oemar, PhD, SpJP(K),FIHA yang merupakan salah satu guru besar dari FK Uhamka. Kegiatan webinar ini akan berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 13 Juni 2020 jam 14.oo waktu Indonesia Bagian Barat.

Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini maka para peserta mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru mengenai Covid 19 baik dari aspek biomolekular maupun aspek klinis sehingga dapat bermanfaat dan di aplikasikan di kemudian hari saat berhadapan dengan pandemi ini.

 

 

Leave a Reply