Training dan Workshop Manajemen Pelatihan dan Perawatan Manekin

Pada tanggal 18 Januari 2020, di FK Uhamka telah diadakan training dan Workshop Manajemen Pelatihan dan Perawatan Manekin yang dikuti oleh dosen dan laboran dari berbagai  Fakultas kedokteran di seluruh Indonesia . Peserta berasal dari baik dari Institusi FK Negeri maupun swasta diantaranya FK Univ . Haluoleo di Kendari , FK Univ.Hasanuddin dan FK UMI Makasar, FK Univ Al Khairaat Palu , FK Univ HKBP Nommensen Medan, FK Univ. Ciputra Surabaya, FK Univ. Warmadewa Bali, FK Univ.Pasundan dan FK Unjani Bandung , FK UPN Veteran Jakarta  dan berbagai FK di lingkungan Muhammadiyah peserta APKKM.

Acara ini dapat diselenggarakan atas kerjasama dengan PT JavaMedika Utama , dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Laboran mampu mengelola laboratoriun secara menyeluruh dengan baik dan benar.
  2. Mendidik laboran secara mandiri dengan mengetahui cara merawat dan memperbaiki.
  3. Laboran mendapat pengetahuan tentang model dan jenis manikin.

Manikin sendiri merupakan media pembelajaran praktik  mahasiswa  untuk melatih ketrampilan klinik mahasiswa di Skill Lab dan akan digunakan sebagai salah satu bahan evaluasi pembelajaran praktikum dalam ujian OSCE ( Objective Structured  Clinical Examination) yang diadakan pada setiap akhir semester di Fakultas masing-masing dan pada ujian OSCE  Nasional yang diadakan serentak di seluruh Indonesia.

Secara umum jenis manikin dibagi menjadi :

1.MANIKIN TINDAKAN

manikin yang di gunakan mahasiswa atau dosen pembimbing untuk mengajarkan  secara langsung dengan praktik. Secara usia, manikin tindakan  ini  akan mengalami regenerasi menyesuai  kondisi pemakaian karena PASTI ada penggantian komponen. Contoh : Manikin Infus, Manikin Catheter, Manikin  Persalinan, Manikin CPR

  1. MANIKIN OBSERVASI

Manikin yang digunakan hanya sebagai contoh suatu kasus/literatur dari dosen pembibing ke mahasiswanya. Secara Usia, manikin ini bertahan lama bila cara penggunaan sesuai dengan SOP.

Contoh : manikin simulasi suara jantung/paru.

Mengingat pentingnya fungsi manikin, maka perawatan yang benar harus dilakukan dan menjadi agenda rutin di Skill Lab.

Leave a Reply

id_ID